Ali Badrudin Ketua Dewan Kab. Pati Jateng

Ketua DPRD Pati Sebut Bumdes Bisa Dongkrak Perekonomian Warga

JurnalSatu.id – PATI, Badan Usaha Milik Desa yang lebih dikenal dengan BUMDes dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan perekonomian di desa. Keberadaan badan usaha desa ini dapat meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat desa setempat.

“BUMDes juga bisa menjadi alat pemerataan dan pertumbuhan ekonomi desa sekaligus dapat meningkatkan Pendapatan Asli Desa atau PADes,” ujar Ketua DPRD Kabupaten Pati, Ali Badrudin kepada JurnalSatu.id.

Oleh karena itu, politisi dari Pati selatan ini mendorong kepala desa untuk mengoptimalkan pengelolaan badan usaha milik desa tersebut. “Jika dikelola dengan baik dan benar, maka badan usaha satu ini bisa menjadi salah satu sumber kegiatan ekonomi desa, sebagai upaya meningkatkan PADes,” sambungnya.

Kader Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini menambahkan, badan usaha milik desa ini dapat berperan sebagai lembaga sosial yang harus memihak kepentingan masyarakat melalui kontribusinya dalam hal penyediaan pelayanan sosial. Selain itu, lanjut Ali, peran BUMDes bisa dikatakan sebagai lembaga komersil yang membuka ruang lebih luas kepada masyarakat desa setempat untuk meningkatkan penghasilan.

“Dengan kata lain, badan usaha khusus desa ini membuka kesempatan dan juga lapangan pekerjaan sekaligus mengurangi pengangguran di desa yang bersangkutan. Potens-potensi yang ada di desa bisa digabungkan ke dalam badan usaha tersebut,” beber Ali.

Lebih lanjut, Ali menegaskan, dengan adanya badan usaha milik desa ini, masyarakat dapat ikut mengambil peran sesuai potensi yang dimiliki masing-masing. “Misalnya, pengusaha home industri dapat menitipkan produknya, dan masyarakat juga bisa menjadi konsumen aktif. Pada intinya, BUMDes ini bisa dijadikan usaha milik desa yang dapat mengelola segala jenis usaha komersial, yang hasilnya akan kembali kepada masyarakat,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *