Ir. HM. Nur Sukarno, salah satu Anggota DPRD Kabupaten Pati

Musim Hujan, Dewan Sukarno Ingatkan Pentingnya Lakukan Mitigasi

JurnalSatu.id – PATI, – Ir. HM. Nur Sukarno, salah satu Anggota DPRD Kabupaten Pati mengajak semua pihak untuk mewaspadai adanya ancaman bencana, yang bisa timbul sewaktu-waktu, terutama pada musim penghujan ini. Seperti bencana banjir, tanah longsor, dan lain sebaginya. Dia menyebut, salah satu langkah sebagai upaya mengantisipasinya adalah dengan melakukan mitigasi bencana.

Menurutnya, mitigasi bencana merupakan upaya yang dilakukan untuk mengurangi risiko dan dampak yang diakibatkan oleh bencana terhadap masyarakat di kawasan rawan bencana, baik itu bencana alam, bencana ulah manusia maupun gabungan dari keduanya.

Oleh karena itu, Sukarno mendorong Pemkab untuk melakukan kesiapan mitigasi sebagai antisipasi timbulnya dampak yang diakibatkan dari adanya bencana. “Ini sebagai bentuk antisipasi, agar apabila terjadi bencana, maka tidak menimbulkan dampak yang terlalu besar bagi masyarakat,” ungkap Sukarno.

Legislator dari wilayah Kecamatan Wedarijaksa ini menjelaskan, mitigasi bencana sangat perlu dilakukan sebagai upaya menurunkan tingkat kerentanan terhadap dampak yang ditimbulkan dari bencana yang terjadi. Karena, lanjutnya, bencana bisa terjadi kapan saja dan dapat menimbulkan risiko atau dampak terhadap kehidupan.

Kader Partai berlambang pohon beringin ini mengajak masyarakat untuk selalu waspada terhadap kemungkinan-kemungkinan terjadinya bencana yang bisa terjadi pada musim penghujan. Dia juga mengajak agar masyarakat agar selalu bergotong royong untuk membersihkan selokan-selokan di sekitar tempat tinggal agar air hujan dapat cepat mengalir dan tidak mengendap di pekarangan.

“Harapan besar kita, adalah segera dilakukan normalisasi terhadap sungai-sungai besar secara menyeluruh, agar aliran air dapat lancar sampai ke muara sungai sehingga, ancaman banjir dapat diantisipasi sedini mungkin,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *