Rapat Koordinasi Persiapan Pelatihan GTK Madrasah pada Pusdiklat

Latih Pengawas dan Kamad, Plt Direktur GTK: Harus Beri Konsep Pengelolaan Madrasah Bermutu

KanalSatu.id – BOGOR, – Pengawas dan Kepala Madrasah (Kamad) mempunyai peran strategos dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah. Untuk itu, Kemenag akan meningkatkan kompetensi pengawas dan Kamad melalui program pendidikan dan pelatihan.

Pesan ini disampaikan Plt Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah M Sidik Sisdianto saat memberikan arahan pada Koordinasi Persiapan Pelatihan pada Pusdiklat Kemenag di Bogor, Senin (19/2/2024).

Sejumlah pelatihan digagas dan dikoordinasikan bersama dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Tenaga Teknis, Balitbang Diklat Kementerian Agama. Salah satunya adalah diklat peningkatan kompetensi pengawas dan kepala madrasah.

Hadir dalam kesempatan ini, Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis, Mastuki, Ketua Komponen 3 Program Madrasah Reform, Fakhrurozi, Konsultan Komponen 3, Fakhrudin, dan perwakilan Inovasi, Munir.

Menurut Sidik, kepala madrasah dan pengawas saat ini harus memiliki visi serta ide ide kreatif dan inovatif. Mereka harus dapat menginisiasi gagasan yang out of the box dalam mengelola madrasah.

“Kepala madrasah hari ini tidak hanya menjalankan fungsi manajerial semata, tetapi harus memiliki inovasi dan gagasan cemerlang dalam mengelola madrasah dan menghasilkan outcome lulusan yang bisa berdaya saing di era society 5.0 serta era Artificial intellegance san internet of think,” sebutnya.

Begitu juga dengan pengawas madrasah, kata Sidik, dalam melaksanakan fungsi kepengawasannya tidak lagi terjebak hanya ke fungsi administratif semata. “Lebih dari itu, pengawas harus mampu mendampingi dan memberikan konsep pengelolaan madrasah bermutu,” jelasnya. “Sudah saatnya pengawas memiliki visi lebih hebat dari pada kepala madrasah, sehingga kehadiran pengawas sangat ditunggu dan dinanti oleh kepala madrasah dan guru,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *