Ketua DPRD Kabupaten Pati, H. Ali Badrudin, SE

Atasi Banjir, Ketua DPRD Pati: Harus Dilakukan Normalisasi Secara Total

JurnalSatu.id – PATI, Mananggapi kondisi Kabupaten Pati yang seringdilanda banjir, Ketua DPRD Kabupaten Pati, H. Ali Badrudin, SE mengajak semua pihak, terutama pemerintah untuk segera melakukan langkah antisipasi. Sebagaimana yang terjadi beberapa waktu lalu, Desa Sinomwidodo, sempat terndam banjir meskipun tidak sampai lama.

Namun peristiwa banjir tersebut mengundang keprihatianan sejumlah pihak. Ali Badrudin, selaku Ketua DPRD Kabupaten Pati mendorong Pemerintah untuk melakukan langkah antisipasi. “Kasihan warga, setiap kali ada hujan agak deras dan agak lama, hampir bisa dipastikan terjadi banjir. Ini perlu ada langkah serius dari pemerintah untuk mengantisipasinya,” ujar Ali.

Ali kembali menekankan untuk dilakukan normalisasi sungai secara total. Karena, lanjut Ali, dengan normalisasi secara total, maka limpahan air akan bisa mengalir secara secara baik melalui sungai yang sudah dinormalisasi.

“Untuk mengantisipasi banjir, kami tekankan lagi, terkait dengan normalisasi sungai secara total. Normalisasi ini sangat urgen, dan tidak boleh tidak, harus dilaksanakan secara total,” tegas Ali.

Kader dan Politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini menambahkan, selain normalisasi sungau secara total, juga perlu dilakukan pembangunan sungai sodetan. Anggaran yang dibutuhkan cukup besar, dan tidak mampu dicover oleh APBD Kabupaten Pati. “Anggarannya cukup besar, sehingga perlu campur tangan pemerintah pusat,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Ali Badrudin menambahkan, banjir yang terjadi sering terjadi ini salah satunya disebabkan oleh kondisi hutan di lereng kendeng. Pihaknya mendorong, agar dilakukan reboisasi dengan penanaman bibit pohon keras, sebagai ikhtiar untuk mencegah terjadinya banjir. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *