Didin Syafruddin Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Pati

Pasca Pemungutan Suara, Dewan Didin: Masyarakat Tunggu Hasil Resmi dari KPU

JurnalSatu.id – PATI, Didin Syafruddin, Anggota DPRD Kabupaten Pati meminta masyarakat untuk bersabar menunggu hasil resmi yang akan disampaikan oleh KPU. Hal itu disampaikan Didin setelah masyarakat ramai membicarakan nama-nama calon yang sudah diklaim sebagai calon terpilih. Padahal, proses atau tahapan yang sedang berjalan saat ini adalah rekapitulasi hasil pemungutan suara di tingkat kabupaten meskipun sudah hampir selesai.

Menurut Diddin, yang mempunyai hak atau kewenangan untuk menentukan atau menyampaikan hasil pemilu adalah KPU. Sedangkan, jika sudah ada nama-nama yang muncul dan dianggap sebagai pemenang atau calon terpilih, itu merupakan prediksi yang tidak bisa dipertangggungjawabkan kebenarannya. “Kami mohon agar masyarakat bersabar sambil menunggu pengumuman resmi yang akan disampaikan pihak KPU, siapa yang dinyatakan lolos,” ujar Diddin.

Kader Partai Nasdem ini mejelaskan, perhitungan suara saat ini sudah memasuki tahap akhir di tingkat kabupaten untuk kemudian dilakukan rekapitalisasi tingkat provinsi dan nasional. “Jadi nanti siapapun yang terpilih harus amanah kepada rakyat. Intinya kita tunggu saja hasil resminya dari pihak KPU yang bakal mengumumkan kepada masyarakat,” tegasnya.

Selain itu, Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Pati ini juga meminta agar jajaran penyelenggara Pemilu seperti KPU (Komisi Pemilihan Umum), PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), hingga PPS (Panitia Pemilihan Suara) diharapkan bersikap netral alias tidak memihak dalam menjalankan tugas sesuai dengan porsi masing-masing. Begitu pun dengan jajaran pengawas, seperti Bawaslu, Panwascam, hingga Panwaslu juga harus dapat menjaga netralitas. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *