Ali Badrudin dari Pati selatan Sebagai Ketua DPRD Pati

Rencana Tol Demak-Tuban, Ketua DPRD Pati Sebut, Bisa Urai Kemacetan di Pantura

JurnalSatu.id – PATI, Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR merencanakan melanjutkan pembangunan jalan tol Demak–Tuban. Rencana mega proyek ini disambut baik oleh Ketua DPRD Kabupaten Pati, Ali Badrudin. Pasalnya, jalur bebas hambatan ini sudah sangat dinantikan masyarakat, karena akan menghubungkan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Harapan kami jika jalan tol ini terealisasi dan dimulai tahun 2024 ini. Jalur tol ini akan dapat mengurai kemacetan yang sering terjadi di jalur Pantura, terutama jalur Juwana- Rembang,” ujar Ali Badrudin.

Selain itu, lanjut Ali, adanya jalur tol Demak – Tuban juga akan berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Pati. Jika sudah direalisasikan, imbuh Ali, maka akan berdampak positif terhadap perekonomian warga. Pasalnya, masyarakat sekitar khususnya di Pati Selatan yang akan terdampak proyek tol bisa menjajakan produk-produk UMKM di rest area. Terlebih, diwacanakan ada dua exit tol yakni di Pati Kota dan di Juwana.

Sebagaimana diketahui, proyek pembangunan Jalan Tol Demak-Tuban sepanjang 180,58 km diperkirakan akan menelan dana sebesar Rp 45,71 triliun. Proses konstruksi jalan tol Demak–Tuban ini akan dibagi menjadi dua tahapan pembangunan. Tahap I, akan berlangsung mulai dari kuartal tiga (Q3) 2024 hingga kuartal dua (Q2) 2026.

Lebih lanjut, Ketua DPRD Ali Badrudin berharap, proyek tersebut dapat terlaksana dan dimulai pada tahun 2024 ini. “Jalan tol Demak – Tuban merupakan salah satu proyek konstruksi pemerintah pusat yang sudah dinantikan realisasinya oleh masyarakat. Kalau melihat informasi yang berkembang, tahun 2024 ini akan dimulai proses konstruksinya dan pengerjaan direncanakan berakhir pada tahun 2028,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *