Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Ali Badrudin

Ketua DPRD Pati Sebut, Sinergitas Kades dan BPD Tentukan Keberhasilan Pembangunan Desa

JurnalSatu.id – PATI, – Untuk mewujudkan keberhasilan pemerintahan dan pengelolaan Dana Desa secara efectif dan transparan, Kepala Desa harus bersinergi dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Sebagai bagian dari unsur penyelenggara pemerintahan ditingkat desa, maka kepala desa harus menjalin komunikasi secara aktif dengan lembaga desa yang bernama Badan Permusyawaratan Desa atau BPD.

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Ali Badrudin. “Untuk memaksimalkan keberhasilan pelaksanaan program pembangunan di tingkat desa, maka kepala desa perlu melakukan sinergitas dengan BPD. Dalam aturan juga jelas, bahwa BPD merupakan lembaga yang dibentuk berdasarkan undang-undang yang menjalankan fungsi pemerintahan desa,” jelas Ali Badrudin.

Menurut Ali, untuk mengawal pembangunan ditingkat desa, antara kepala desa dan BPD harus saling berkonsultasi, baik dalam penyelenggaraan pembangunan maupun pengelolaan dana desa. Sehingga tujuan penggunaan anggaran yang digelontorkan oleh pemerintah pusat, guna mendukung roda pemerintahan, pembangunan serta pemberdayaan desa, akan lebih efectif transparan dan akuntabel.

“BPD sebagai mintra kepala desa, komonikasi harus intens diantara keduanya tidak boleh putus atau saling membelakangi, karena kemajuan desa itu berada di tangan kepala desa dan BPD,” tegas Ali.

Salah satu lembaga di desa, lanjut Ali, yang memiliki tugas dan fungsi pokok (Tupoksi) mengawasi kinerja kepala desa adalah BPD. Sehingga, agar pelaksanaan pengelolaan dan penggunaan anggaran yang masuk ke pemerintahan desa, perlu melibatkan BPD, agar lebih transparan dan akuntabel,” pungkas Ali. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *