Pj Bupati Pati bersama jajaran eksekutif melakukan sidak ke pasar untuk memantau kenaikan harga sembako

Cegah Kenaikan Harga Jelang Ramadhan, DPRD Pati Sukarno Minta Pemkab Masifkan Sidak ke Pasar

JurnalSatu.id – PATI. – Untuk mencegah kenaikan harga sembako di pasaran menjelang datangnya bulan Suci ramadhan, Anggota Komisi B Dewan Perakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Ir. H. Sukarno meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati massifkan sidak ke pasar-pasar tradisional. “Menurut saya, sidak ini sangat penting, agar tidak terjadi lonjakan harga sembako di pasaran menjelang bulan Ramadhan ini,” ujar Sukarno.

Menurut Sukarno, kenaikan harga sebagian komoditas bahan pangan sudah mulai terjadi sejak awal tahun kemarin. Hal ini perlu diantisipasi, agar menjelang datangnya Ramadahn tahun ini, tidak terjadi lomnjakan harga lagi. Ia pun meminta agar Pemkab bisa mengantisipasi lonjakan harga sembako agar masyarakat tidak menerima imbasnya.

Jika kenaikan harga di pasaran tidak diantisipasi, maka akan terjadi kenaikan harga sembako yang terus-menerus, dan akan berakibat pada ketidakmampuan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok selama bulan ramadhan. “Kami berharap agar Pemkab baik itu melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian atau Disdagperin, Dinas Ketahanan Pangan, Distapang, dan Bulog bisa mengantisipasi kenaikan harga sejak dini,” lanjutnya.

Sukarno menjelaskan, sejumlah kebutuhan pokok masyarakat menjelang bulan Ramadan saat ini sudah mulai merangkak naik. Kenaikan saat ini masih relatif wajar, tetapi pemerintah harus mengantisipasi dengan memantau pasokan dalam tata niaganya. “Salah satunya dengan melakukan sidak ke pasar-pasar tradisional,” tegasnya.

Sukarno juga mengapresiasi Pemkab yang sudah menggelar pasar murah. Ia menilai langkah ini cukup efektif dalam mengendalikan harga sembako yang saat ini tinggi. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *