Banjir melanda di sejumlah wilayah

Banjir, Dewan Didin Syafrudin Imbau Saluran Air Dirawat dan Difungsikan

JurnalSatu.id – PATI, – Melihat situasi banjir yang mulai melanda sejulah wilayah di Kabupaten Pati, Anggota DPRD Kabupaten Pati, Didin Syafruddin mengimbau kepada [ihak-pihak terkait untuk melakukan perawatan saluran air atau drainase agar berfungsi secara baik. Menurut Didin, di perkampungan, selokan air di tepi jalan-jalan desa sudah mulai hilang. Padahal, lanjut dia, idealnya, di tepi jalan desa, harus ada selokan air, yang berfungsi menampung air hujan.

“Fungsinya kan jelas, agar air hujan dapat mengalir masuk ke saluran air, sehingga tidak menyebabkan genangan di perkampungan, atau halaman rumah, atau di jalan-jalan dalam waktu yang relative lama,” ujar Didin.

Lebih lanjut, dirinya berharap, agar pihak-pihak terkait, pemerintah, pemeintah desa dan juga masyarakat memperhatikan keberadaan saluran air atau drainasi, dengan memperbaiki atau menormalisasi agar berfungsi sebagaimana mestinya. Terutama, pemerintah desa juga diharapkan memberikan sosialisasi kepada warga agar memfungsikan kembali selokan air di tepi jalan yang ada di limgkungan masing-masing. “Ini sebagai langkah untuk mengantisipasi terjadinya banjir dan juga genangan-genangan air di perkampungan atau halaman rumah penduduk,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, hujan mengguyur wilayah Kabupaten Pati secara merata sejak beberapa hari. Akibatnya, terjadinya banjir di sejumlah lokasi, seperti di wilayah Kayen, wilayah Tayu,  Jakenan, Gabus, banjir juga sudah masuk perkampungan. Kondisi saat ini, hujan masih turun dengan lebat, dan besar kemungkinan, ketinggian air akan semakin bertambah, dan jumlah wilayah yang terdampak banjir juga akan meluas. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *