Bambang Susilo Ketua Komisi A DPRD Pati

Ketua Komisi A Sebut, Program BLT DD Untuk Penanganan Kemiskinan

JurnalSatu.id – PATI, – Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Pati Ir. Bambang Susilo mengatakan, program Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) dimaksudkan untuk penanganan kemiskinan ekstrim. Bambang pun meminta agar penetapan penerima BLT DD bisa tepat sasaran.

“Program Bantuan Langsung Tunai atau BLT dari DD ini dimaksudkan untuk penanganan kemiskinan. Sehingga, harapan kami, program ini dapat tepat sasaran sesuai dengan kriteria dan aturan yang ada,” ujarnya kepada JurnalSatu.id.

Menurut Bambang, program BLT DD ini sudah berjalan sejak tahun 2020 lalu, dan akan dilanjutkan pada tahun 2024 ini, dengan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan. Bahkan saat ini, Pemerintah Desa sudah menetapkan calon penerima BLT – DD karena awal tahun anggaran 2024, diperkirakan cair mulai bulan ini.

“Salah satu fokus penggunaan Dana Desa atau DD tahun 2024 ini adalah adanya program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa. Program BLT DD ini sebagai uapaya mendukung penanganan kemiskinan ekstrim,” bebernya.

Mekanisme penetapan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) atau penerima BLT DD ini adalah dilakukan melalui Musyawarah Desa (Musdes) oleh Badan Permusyawaratan desa (BPD). “Setelah dibahas bersama dalam Musdes yang dipimpin BPB, maka akan ditindaklanjuti dengan Peraturan Desa (Perdes) sebagai dasar untuk pelaksanaan program tersebut.

Bambang yang merupakan Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini berharap, program BLT-DD dapat bermanfaat bagi KPM dan dapat membantu dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *