Ir. H. Sukarno selaku Anggota DPRD Kabupaten Pati

Jelang Idul Fitri, Dewan Pati Dorong Pemerintah Jaga Stabilisasi Pasokan Pangan

JurnalSatu.id – PATI, – Menjaga penguatan stok pangan merupakan salah satu upaya untuk mengamankan ketersediaan dan stabilitas pangan, khususnya di daerah. Stabilisasi pasokan dan harga komoditas pangan menjadi hal yang terus diupayakan pemerintah dalam rangka menahan lonjakan inflasi dan menjaga daya beli masyarakat. Hal ini sangat penting dilakukan oleh pemerintah untuk menjaga stabilitas pangan, terutama pada saat menjelang lebaran seperti sekarang ini.

Hal itu disampaikan Ir. H. Sukarno selaku Anggota DPRD Kabupaten Pati. Menurutnya, Pemerintah daerah melalui Bulog perlu menambah stok beras-nya dengan memaksimalkan penyerapan hasil panen dari petani lokal. “Penambahan stok beras harus dimaksimalkan, demi menjaga ketersediaan beras, apalagi ini menjelang datangnya hari raya idul fitri. Dan dalam penambahan ini,Bulog harus mengutamakan penyerapan dari beras petani lokal,” ujar Sukarno.

Selain itu, lanjut dia, karena saat harga beras masih lumayan tinggi, maka Pemkab Pati perlu melakukan upaya stabilisasi pasokan dan harga pangan agar tidak terjadi lonjakan harga lagi. Salah satu yang perlu dilakukan, adalah menggencarkan kegiatan pasar murah atau operasi pasar dan melakukan pemantauan harga pangan di pasaran serta menjaga ketersediaan pasokan.

“Harapan kami, Pemkab bertindak cepat dan tepat agar pasokan pangan untuk masyarakat tetap stabil dengan harga yang stabil. Selain itu, pasar murah perlu digencarkan, kemudian melakukan pemantauan ketersediaan dan harga pangan, dan melakukan fasilitasi distribusi pangan dari luar daerah,” tutupnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *