Ketua DPRD Pati Ali Badrudin

Kurangi Debit Banjir Juwana, Ketua DPRD Pati Minta Nelayan Juwana Atur Jarak Parkir Kapal

JurnalSatu.id – PATI, – Menumpuknya perahu atau kapal milik nelayan Juwana yang di parkir di hilir Sungai Silugonggo mendapat tanggapan dari Ketua DPRD Kabupaten Pati, Ali Badrudin. Menurutnya, parkir kapal dengan jarak yang rapat dapat menghambat aliran air sungai Silugonggo menuju laut, sehingga disinyalir menjadi salah satu dari penyebab banjir seperti yang terjadi sekarang ini.

“Masalahnya mau parkir dimana lagi kalau tidak disitu. Setiap hari, setiap bulan, setiap tahun kapal selalu bertambah. Itu harus dibaca oleh pemerintah,” tuturnya.

Disinggung soal solusi penanganan parkir kapal yang menumpuk, ketua Partai PDI-P Pati ini mengaku tidak bisa berbuat banyak, lantaran memang tidak ada tempat bagi kapal-kapal nelayan parkir.

Ia juga tak memungkiri jumlah kapal yang ada di hilir sungai Silugonggo tersebut semakin bertambah setiap bulannya. Sehingga diperlukan perhatian khusus bagi pemerintah untuk menangani permasalahan ini.

Ali lantas mendorong agar pemerintah daerah, provinsi, maupun pusat bisa mengakomodir kebutuhan nelayan akan lahan parkir. Apalagi, janji untuk membuatkan tambatan kapal di hilir sungai hingga saat ini belum direalisasikan.

“Itu bukan salah teman-teman nelayan, salah dari pemerintah yang selama ini mau dibutkan tambatan kapal, sampai detik ini belum terealisasi. Tambatan kapal yang sudah ada kan belum berfungsi. Semoga saja kedepan, dari pemerintah derah maupun pemerintah pusat bisa mengalokasikan tambatan kapal,” ucap ketua DPRD.

Dirinya juga menyadari ketiadaan lahan parkir yang kemudian membuat nelayan memanfaatkan Sungai Silugonggo sebagai lahan parkir. Meskipun ini dirasa cukup berbahaya jika terjadi kebakaran dan menghambat aliran air menuju laut, politisi dari PDI-P ini mengaku tidak bisa berbuat banyak.(Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *