Ketua DPRD Pati pimpin rapat paripurna

Pasca Paripurna, Ketua DPRD Pati Janjikan Bahas Tindaklanjut LKPJ

JurnalSatu.id – PATI, – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati baru saja menggelar rapat paripurna membahas Laporan Kerja Pertanggungjawaban (LKPJ) Pj Bupati Pati tahun anggaran 2023, Senin 25 Maret 2024 kemarin.

Ali mengatakan pentingnya pembahasan LKPJ tahun sebelumnya untuk melihat sejauh mana kinerja eksekutif. Sehingga pihak legislatif sebagai pengawasan bisa turut mengontrol penggunaan APBD. “Usai tahapan laporan LKPJ yang disampaikan oleh Pj Bupati Pati, pembahasan selanjutnya akan ditindaklanjuti oleh DPRD Pati secara internal. Nantinya pembahasan akan mengerucut pada suatu rekomendasi kepada Pemda,” ucapnya.

Ia menambahkan, pembahasan ini sesuai dengan UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Nantinya, pihak DPRD bakal memberikan jawaban terkait hasil LKPJ, untuk menjadi bahan pertimbangan eksekutif dalam melaksanakan pembangunan.

Mengingat pentingnya pembahasan ini, politisi dari PDI-P ini berharap agar seluruh fraksi dan anggota bisa memberikan jawaban terhadap setiap point yang telah disampaikan oleh Pj Bupati Henggar.

Sementara itu Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro menambahkan, secara umum LKPJ tahun 2023 memuat kebijakan Pemda selama satu tahun. Mulai dari pengelolaan keuangan, kebijakan, penyelenggaraan urusan wajib dan pilihan, hingga jumlah anggaran dan realisasi.

“Secara umum laporan ini memuat kebijakan Pemda selama 2023. Sesuai dengan ketentuan pasal 69 ayat 1 dan pasal 70 ayat 4 undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah,” tutup Henggar. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *