Anggota DPRD Pati, Hj. Maesaroh

Era Digital, DPRD Pati Ingatkan Peran Penting Orang Tua Terhadap Anak

JurnalSatu.id – PATI, – Tidak dipungkiri, gadget seringkali menjadi “asisten” dalam mengasuh anak, terutama bila orangtua sedang sibuk dengan urusan pekerjaan atau rumah tangga. Akibat dari kebiasaan ini, anak menjadi kecanduan terhadap HP. Padahal, aplikasi yang tersedia di dalam perangkat lunak tersebut memiliki dampak yang negatif juga bagi perkembangan anak.

Menyikapi hal tersebut, Anggota DPRD Pati, Hj. Maesaroh mengajak orangtua untuk lebih mengambil peran bagi si anak. Dia mengatakan, pengguna HP yang berlebihan pada anak-anak tentu akan berdampak buruk terhadap kondisi psikologis anak. “Untuk itu diperlukan peranan orang tua dalam mengawasi anak-anak yang bermanfaat dengan HP,” ujarnya.

Maesaroh mengatakan penggunaan HP secara berlebihan pada anak-anak menimbulkan banyak sisi negatif. “Ini memang diperlukan peran pendamping orang tua dalam mengawasi gadget pada anak, harus ada batasan,” himbauanya.

Menggunakan gadget sebenarnya tidak selalu berarti negatif. Seiring perkembangan dunia teknologi, beberapa sekolah bahkan menerapkan penggunaan perangkat tersebut untuk membantu anak belajar.

Meskipun demikian, sebaiknya orangtua jangan sampai lengah, dengan cara mendampingi dan membatasi penggunaan HP pada anak.

Anggota dewan yang duduk di komisi D ini berpendapat, dampak negatifnya adalah gangguan mental dan kesehatan mata. Apalagi, penggunaan secara berlebihan dapat menyebabkan kecanduan. Jika ini tidak diperhatikan oleh orang tua, Maesaroh khawatir akan berdampak pada perkembangan pola pikir anak-anak.

“Tentu saja penggunaan gadget berlebih dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan mata dan akan berpengaruh pada kesehatan mental si anak,” tutupnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *