Bambang Susilo Ketua Komisi A DPRD Pati

Galian C di Pati Selatan, Dewan: Dampaknya Pada Masyarakat dan Lingkungan

JurnalSatu.id –  PATI,, – Maraknya penambangan atau galian C di Pati selatan mendapat sorotan dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Ir. Bambang Susilo. Ketua Komisi A ini menyebut galian C berdampak terhadap lingkungan dan masyarakat. Terlebih, perizinan tambang sekarang menjadi kewenangan provinsi.

Kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengatakan, izin pertambangan merupakan kewenangan dari provinsi. Sehingga, daerah tidak memiliki kekuatan untuk melakukan penertipan galian C yang semakin marak. “Perijinan galian C saat ini menjadi kewenangan provinsi Jawa tengah, sehingga daerah tidak punya wewenang apa-apa. Kalau upaya sudah. Tapi karena perizinan sudah diambil provinsi, jadi kita tidak bisa apa-apa terhadap aktivitas tersebut,” ujar Bambang.

Politisi dari Pati selatan ini juga mengatakan, akibat dari galian C ini, yang mendapat dampaknya adalah lingkungan dan masyarakat sekitar. “Karena semua sudah diambil alih provinsi, jadi daerah tidak bisa berbuat banyak. PR bagi kami semua untuk membuat regulasi baru yang lebih memihak rakyat,” tandas dia.

Lebih lanjut, Bambang berharap, persoalan galian C ini seharusnya menjadi tanggung jawab bersama untuk mencari solusi terbaik demi memperhatikan kondisi lingkungan dan masyarakat. “Harapan kami, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dapat memperhatikan kondisi riil yang terjadi di lapangan. Tata kelola dari penambangan galian C di Pati Selatan ini masih carut-marut dan menimbulkan dampak yang merugikan bagi masyarakat dan lingkungan sekitar,” tutupnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *