Ketua DPRD Kabupaten Pati, Ali Badrudin

Ketua DPRD Pati Dorong Pemkab Maksimalkan Sekolah Inklusi

JurnalSati.id – PATI, –  Sekolah inklusi adalah tempat di mana anak-anak berkebutuhan khusus dapat belajar bersama dengan anak-anak reguler lainnya. Namun, anak berkebutuhan khusus tetap didampingi oleh guru pendamping selama kegiatan belajar mengajar. Sistem pembelajaran, pengajaran, kurikulum, sarana dan prasarana, serta sistem penilaian di sekolah inklusi akan mengakomodasi kebutuhan anak berkebutuhan khusus, sehingga mereka dapat beradaptasi dan menerima pendidikan sebaik mungkin.

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Ali Badrudin. Dirinya mendorong agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) agar bisa memaksimalkan keberadaan sekolah untuk para disabilitas di setiap sekolah.

Menurut Ali, sekolah inklusi sangat perlu dimaksimalkan agar dapat mewadahi anak-anak yang berkebutuhan khusus dapat ikut mengenyam pendidikan seperti anak-anak lainnya. Dirinya juga meminta kepada pihak sekolah agar lebih siap dalam mewadahi dan juga memperlakukan anak-anak Disabilitas dari segi pendidiknya.

Kader Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini menambahkan, sekolah inklusi ini dinilai sangat penting demi kebersamaan dalam pemenuhan hak terhadap setiap warga negara di bidang pendidikan. “Kalau memang nanti perlu sekolahan khusus atau nanti dalam perencanaan APBD yang akan datang harus dikoordinasikan sebaik mungkin supaya untuk sekolah inklusi ini bisa terpenuhi secara lebih baik dan maksimal,” ujarnya.

Lebih jauh, Ali Badrudin berharap, uapaya untuk mewujudkan adanya sekolah khusus bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus, khususnya di Kabupaten Pati dapat terwujud dan mampu menampung anak-anak yang membutuhkan pendampingan tersebut agar tidak termarginalkan. “Kita berharap, sekolah insklusi ini benar-benar bisa terwujud sesuai dengan harapan bersama untuk menampung anak-anak yang memiliki keterbatasan fisik,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *