Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pati Joni Kurnianto

Efektifkan Pengelolaan Sampah, Dewan Pati Dorong Pemberdayaan Bank Sampah

JurnalSatu.id – PATI, Persoalan sampah masih menjadi dilema dan butuh penanganan serius agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan dan kebersihan lingkungan. Tumpukan sampah yang berada di lingkungan masyarakat akan menimbulkan bau tak sedap dan tentunya sangat mengganggu lingkungan.

Untuk menangani persoalan sampah, Wakil ketua I DPRD Kabupaten Pati, Joni Kurnianto mendorong agar setiap desa memiliki Bank Sampah. Hal itu disampaikan Joni karena persoalan sampah sampai saat ini menjadi isu yang cukup mengkhawatirkan. Setiap hari, sampah selalu bertambah dan bertambah. Hal itu berpotensi menimbulkan berbagai masalah seperti persoalan kesehatan yang dirasakan mengganggu masyarakat.

Dikatakan, persoalan sampah menjadi persoalan bersama, karena mayoritas sampah berasal dari masyarakat sehingga perlu diperhatikan solusi penanganannya secara bersama pula. “Ini demi kepentingan bersama, karena sampah itu juga berasal dari kita, sehingga perlu dicarikan secara bersama pula,” ujarnya.

Menurut Joni, salah satu solusi untuk mengatasi persoalan sampah adalah bank sampah. “Karena sampah ini berasal dari warga, maka perlu ada bank sampah di setiap desa. Dengan demikian, sampah akan bisa teratasi dengan baik,” ungkapnya.

Dengan adanya bank sampah di setiap desa, lanjutnya, maka persoalan sampah akan selesai ditingkat desa. Diharapkan, setiap warga masing- masing memiliki tanggung jawab untuk peduli lingkungan.

“Bahkan, jika dikelola dengan baik, bank sampah ini akan memiliki nilai ekonomis yang luar biasa. Sampah yang berasal dari warga, jenisnya kan beragam. Ada kertas, kardus, plastik, atom, dan sebagainya. Dan jika itu dipisah-pisah jenisnya, maka akan memiliki nilai ekonomis yang tinggi,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *