Bambang Susilo Ketua Komisi A DPRD Pati (2)

Ketua Komisi A DPRD Pati Dorong Pemdes Ikuti Perkembangan IT

JurnalSatu.id –  PATI, – Di era yang serba digital ini, masyarakat sudah tidak asing lagi dengan teknologi dan IT. Hal itu akan terus berkembang sesuai dengan kemajuan dan kondisi perteknologian. Perkembangan teknologi ini sudah merambah ke semua sektor, dan sudah masuk serta dikenal di semuakalangan.

Masyarakat sekarang pun tidak lagi alergi dengan perkembangan teknologi. Sehingga, era digital ini juga perlu diikuti sesuai dengan perkembangan IT. “Kami pun mendorong, pemerintahan desa juga memanfaatkan kecanggihan teknologi tersebut untuk memudahkan dalam memberikan layanan kepada masyarakat,” ujar Ketua Komisi A DPRD Pati, Ir. Bambang Susilo.

Kader Partai Kebangkitan Bangsa ini juga menyampaikan, kecanggihan teknologi ini juga sudah diterapkan mulai dari pemerintah pusat, baik di dalam melakukan update data, maupun pemberian layanan di pemerintahan. Perkembangan teknologi atau IT ini, lanjut Bambang sangat memberikan manfaat bagi masyarakat, termasuk bagi pemerintahan guna memberikan layanan informasi dan layanan administrasi bagi masyarakat.

Ditambahkan, kecanggihan teknologi ini sudah dipergunakan pemerintah untuk memberikan layanan administrasi kepada masyarakat. Misalnya perpanjangan SIM secara online, pembuatan KTP elektronik, penggunaan tandatangan sistem barcode, pengajuan perijinan yang bisa diakses lewat online, leporan perpajakan lewat online, dan lain sebagainya. Bukan hanya itu. Masyarakat juga banyak yang memanfaatkan fasilitas IT tersebut. Misalnya, jual beli lewat online, mengajukan lamaran kerja lewat online, membayar tagihan-tagihan juga lewat online, dan lain sebagainya.

“Jadi, pada intinya, di era digital ini, kita tidak bisa lagi menolak perkembangan teknologi. Justru, kita yang harus dapat memanfaatkan perkembangan IT ini untuk menunjang apa yang menjadi kebutuhan kita. Termasuk, pemerintah desa, juga harus memanfaatkan kecanggihan IT ini,” sambung Bambang. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *