Yety Kristianti, Anggota DPRD Pati dari Fraksi Gerindra

Dewan Pati Sebut UMKM Sebagai Penyedia Lapangan Kerja Lokal

JurnalSatu.id – PATI, – Yeti Kristianti selaku Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mengatakan, bahwa Usaha Mikro Kecil Menengah  (UMKM) menjadi salah satu penyedia lapangan kerja bagi masyarakat. Hal itu disampaikan melihat banyaknya jumlah UMKM di Kabupaten Pati yang mayoritas mempekerjaan warga lokal.

Yeti juga mengatakan, salah satu upaya untuk mengurangi angka pengangguran adalah keberadaan Usaha Mikro Kecil Menengah  (UMKM). “Semakin banyak UMKM yang berkembang, maka akan semakin banyak tenaga kerja yang bisa diberdayakan, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran,” jelasnya.

Kader Partai Gerindra ini menerangkan, persoalan pengangguran masih menjadi masalah serius karena berhubungan dengan tingkat kemiskinan di Kabupaten Pati. Apalagi, saat ini Pemkab Pati sedang fokus dalam upaya penanganan kemiskinan ekstrim yang harus selesai pada tahun ini di angka nol persen.

Politisi perempuan ini berharap, Pemkab Pati melalui OPD terkait juga dapat mendukung perkembangan UMKM di Pati agar bisa lebih berkembang. Semakin berkembangnya UMKM di Pati, lanjut Yeti, maka akan semakin banyak angka pengangguran yang dapat dikurangi. “Semakin banyak UMKM yang berkembang, maka semakin banyak tenaga kerja yang bisa diberdayakan, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran,” bebernya.

Lebih lanjut, politisi muda dari Kecamatan Juwana ini mengatakan, banyak dampak yang bisa ditimbulkan oleh banyaknya pengangguran. Diantaranya adalah meningkatnya angka kemiskinan. “Jadi, persoalan pengangguran ini tidak hanya berdampak pada aspek ekonomi saja. Akan tetapi, berdampak juga pada aspek sosial seperti menurunnya tingkat kesejahteraan masyarakat,” sambungnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *