Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Pati, Narso

Pelaku UMKM Didorong DPRD Pati Miliki Skill Digital Marketing

JurnalSatu.id – PATI, – Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM merupakan lahan usaha yang cukup banyak digeluti oleh masyarakat Pati. Sayangnya, beberapa dari mereka tampak kesulitan dalam hal pemasaran karena keterbatasan jaringan. Untuk itu anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Narso mendorong supaya para pelaku UMKM memiliki skill atau kemampuan digital marketing (pemasaran berbasis digital) dalam memasarkan produknya.

Digital marketing sekarang ini dinilai oleh Narso menjadi bagian penting terhadap pembangunan UMKM. Hal itu karena semakin meningkatnya jumlah pengguna internet.

Di sisi lain seringkali teknologi digital digunakan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melalui fitur aplikasi yang saat ini cukup beragam. “Pemerintah Kabupaten Pati supaya lebih memperhatikan sektor UMKM. Seperti dengan pendampingan mereka dalam skill digital marketing untuk memperkuat perekonomian masyarakat,” ungkap anggota dewan Narso.

Menurutnya, melalui digital marketing ini mampu memberikan bisnis usaha UMKM dapat berjalan secara efektif. Sebab hal ini mampu memasarkan produk-produk dengan jangkauan yang lebih luas. Yakni mampu menyasar kepada siapa saja tidak terbatas.

Legislator dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menyebut jika keterbatasan kemampuan pelaku UMKM dalam rangka marketing digital menjadi tantangan pemerintah dalam upaya meningkatkan sektor UMKM. Juga menjadi peluang bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya di pasar online.

“Jadi memang pemerintah harus hadir untuk membantu pelaku UMKM ini supaya memiliki pengetahuan tentang digitalisasi,” imbuh wakil rakyat asal Kecamatan Juwana.

Pihaknya mengatakan UMKM juga menjadi bagian dalam upaya pengentasan kemiskinan. Pasalnya mampu mengatasi tingginya angka pencari kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pendapatan usaha. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *