Ir. Bambang Susilo sebagai Ketua Komisi A DPRD Kab. Pati

Dewan Pati Sebut, Pengembalian Fungsi Hutan Perlu Sinergitas DLH dan Perhutani

JurnalSatu.id – PATI, Ir. Bambang Susilo Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mengatakan, fungsi hutan di lereng pegungan Kendeng perlu dikembalikan. Hal itu penting sekali, sebagai upaya pananganan gundulnya hutan di pegunungan Kendeng yang turut berpotensi menyebabkan banjir yang terjadi selama ini.

“Saat ini waktu yang cocok untuk melaksanakan upaya pengembalian fungsi hutan di Pati selatan, yaitu di lereng pegungan Kendeng,” ujarnya kepada JurnalSatu.id.

Menurut Bambang, untuk menggagas program ini, harus ada sinergitas antara Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Perhutani Kabupaten Pati. “Saya berharap, keduanya dapat bersinergi untuk mengembalikan fungsi hutan di lereng Kendeng,” ujarnya

Anggota legislatif yang juga sebagai Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Pati ini megajak semua pihak untuk melakukan gerakan penanaman pohon atau reboisasi dengan tanaman bibit buah pohon keras. “Yang ditanam bibit buah tanaman keras. Karena selama ini, para pesanggem menanam jenis palawija, tanpa ada tumbuhan keras yang mampu menampung atau menyerap air hujan,” tegasnya.

Kader Partai Kebangkitan Bangsa ini menjelaskan, dengan menanam bibit buah tanaman keras, maka akan memberikan dampak positif bagi para pesanggem. “Dengan menanam bibit jenis buah-buahan pohon keras, maka pesanggem nantinya dapat menikmati hasil buahnya, baik untuk dikonsumsi dan dijual sebagai penghasilan untuk menambah pendapatan keluarga,”  bebernya.

Lebih lanjut, Caleg dari Daerah pemilihan (Dapil) V ini berharap, sinergitas antara DLH dan Perhutani Kabupaten Pati dapat segera terjalin, sehingga dapat memberikan support bagi masyarakat sekitar untuk lebih semangat dalam mendukung upaya pengembalian fungsi hutan di lereng pegunungan Kendeng tersebut. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *