Ir. H. Sukarno, Anggota DPRD Kabupaten Pati Fraksi Golkar

Sampah, Dewan Sukarno Sebut Perdesa Perlu Miliki Bank Sampah

JurnalSatu.id – PATI, Untuk menangani persoalan sampah, setiap desa diharapkan memiliki Bank Sampah. Hal itu disampaikan Ir. HM. Nur Sukarno selaku Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati saat ditanya terkait dengan penanganan sampah di Pati.

Menurut Sukarno, persoalan sampah sampai saat ini menjadi isu yang cukup mengkhawatirkan. Setiap hari, sampah selalu bertambah dan bertambah. Hal itu berpotensi menimbulkan berbagai masalah seperti persoalan kesehatan yang dirasakan mengganggu masyarakat.

“Persoalan sampah menjadi persoalan bersama, karena mayoritas sampah berasal dari masyarakat sehingga perlu diperhatikan solusi penanganannya secara bersama pula. Ini demi kepentingan bersama, karena sampah itu juga berasal dari kita, sehingga perlu dicarikan secara bersama pula,” ujarnya kepada JurnalSatu.id.

Menurut Sukarno, salah satu solusi untuk mengatasi persoalan sampah adalah bank sampah. “Karena sampah ini berasal dari warga, maka perlu ada bank sampah di setiap desa. Dengan demikian, sampah akan bisa teratasi dengan baik,” ungkap Sukarno.

Dia menambahkan, dengan adanya bank sampah di setiap desa, maka persoalan sampah akan selesai ditingkat desa. Diharapkan, setiap warga masing- masing memiliki tanggung jawab untuk peduli lingkungan.

“Bahkan, jika dikelola dengan baik, bank sampah ini akan memiliki nilai ekonomis yang luar biasa. Sampah yang berasal dari warga, jenisnya kan beragam. Ada kertas, kardus, plastik, atom, dan sebagainya. Dan jika itu dipisah-pisah jenisnya, maka akan memiliki nilai ekonomis yang tinggi,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *