Hj. Muntamah Anggota DPRD Kabupaten Pati dari Fraksi PKB

Hepatitis Akut Mengancam, Dewan Muntamah Dorong Pemkab Pati Antisipasif

JurnalSatu.id – PATI, – Penyakit Hepatitis Akut masih bisa mengancam. Istilah hepatitis biasa digunakan untuk semua jenis peradangan sel-sel hati yang disebabkan oleh infeksi, obat-obatan, alkohol, lemak yang berlebih, dan autoimun. Terdapat sejumlah gejala awal yang terjadi berkaitan dengan hepatitis akut. Misalnya sakit perut, mual, muntah, dan diare.

Selain itu hepatitis akut misterius juga memiliki gejala lanjutan yang dapat memperberat kondisi pasien. Gejala itu meliputi area mata dan kulit yang menguning, perubahan warna feses menjadi putih, dan perubahan warna air kencing hingga berwarna pekat seperti teh.

Terkait hal tersebut, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Hj. Muntamah mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Kesehatan dan jajarannya untuk melakukan langkah antisipasi.

Anggota Komisi D di DPRD Kabupaten Pati ini berharap, Dinas Kesehatan dan jajarannya melakukan beberapa langkah antisipasi untuk mengidentifikasi penyakit-penyakit yang berpotensi menyebabkan datangnya penyakit berbahaya, terutama yang mengancam kesehatan anak. Selain itu, Muntamah juga meminta agar masyarakat diberikan sosialisasi terkait dengan penyakit-penyakit berbahaya, terutama saat ini sedang musim penghujan.

“Lankah sosialisasi perlu dilakukan secara masif ke desa-desa dengan melibatkan pemerintahan dan bidan desa,” ujarnya.

Kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini meminta agar orang tua tidak terlalu panik ketika mendapatkan anaknya memiliki gejala yang mirip dengan hepatitis akut tersebut. Muntamah meminta para orang tua segera membawa anaknya ke fasilitas kesehatan atau faskes terdekat, agar segera mendapatkan penanganan medis. “Jangan menunggu anak menunjukkan adanya gejala kuning, kejang, atau bahkan tidak sadar baru membawa anak ke dokter,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *