Ali Badrudin Ketua DPRD Kab Pati

Ketua DPRD Dorong Pemkab Buat Daerah Khusus Kawasan Industri

JurnalSatu.id – PATI, Kawasan Industri (industrial estate) merupakan daerah yang khusus disediakan oleh pemerintah daerah untuk kegiatan industri. Kawasan ini umumnya adalah bagian dalam tata rencana daerah yang disertai dengan sarana lengkap untuk kegiatan industry. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Ali Badrudin mendorong agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) membuat daerah khusus untuk kawasan industry tersebut.

Ali menjelaskan, pengembangan kawasan industri akan mengurangi tingkat pengangguran dan angka kemiskinan ekstrim. Salah satu yang menjadi usulan Ali adalah pemanfaatan lahan kosong terbengkalai yang saat ini menjadi area rawa-rawa di sepanjang jalan Sukolilo-Cangkring turut Desa Kasiyan, Kecamatan Sukolilo Pati.

“Pemanfaatan lahan tidur ini akan sangat bagus jika dikelola secara bijak oleh pemerintah. Karena, selain memanfaatkan lahan yang tidak produktif, dengan adanya kawasan industri tersebut nantinya bisa menyerap tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran,” tuturnya.

Oleh karena itu, Ali berharap, ada kemudahan agar disana dibuat kawasan industri. Rencananya di lahan rawa-rawa sepanjangan Jalan Sukolilo-Cangkring Desa Kasiyan. Itu kan lahan tidur, jadi bisa difungsikan menjadi kawasan industri,” ungkapnya.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pati ini menambahkan, dirinya juga mengaku telah bertemu dengan calon investor asal Korea Selatan membahas rencana membuat kawasan industri khusus. Ali menambahkan, nantinya bakal ada lahan lebih dari 300 hektar yang akan disulap menjadi kawasan industri. Sehingga diharapkan akan ada banyak investor asing yang masuk untuk berbisnis.

“Tetangga dekat kita, Kudus dan Jepara sudah memiliki kawasan industri khusus. Kawasan ini akan sangat memberikan manfaat bagi masyarakat di Kabupaten Pati, terutama tentang penurunan angka pengangguran sekaligus mendorong upaya penurunan angka kemiskinan,” pungkas Ali. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *