Suyono, Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Pati

Atasi Pengangguran, DPRD Pati Suyono Berharap Pemkab Gandeng Investor

JurnalSatu.id – PATI, – Untuk mengatasi angka pengangguran yang masih tinggi di Kabupaten Pati, Pemerinta Daerah perlu menggandeng investor. Hal itu disampaikan Suyono, Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Pati. Dia juga mengaku prihatin dengan tingginya angka pengangguran di Kabupaten Pati tersebut. “Harapan kami, Pemkab Pati segera mencari dan menarik investor untuk dapat membuka lapangan kerja, agar angka pengangguran dapat ditekan semaksimal mungkin,” harapnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini juga berharap, mereka yang masih membutuhkan pekerjaan dapat berusaha untuk mencari kerja di luar daerah. “Di luar daerah juga memungkinkan membutuhkan tenaga kerja sesuai dengan skill yang dimiliki, sesuai dengan kompetensi  yang dibutuhkan,” sambungnya.

Dari data di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Pati, bahwa selama tahun 2023 lalu jumlah pencari kerja di Kabupaten Pati mencapai 12.044 orang. Sedangkan lowongan pekerjaan yang tersedia hanya untuk 4.398  saja. Sementara itu, untuk pengangguran di Kabupaten Pati masing sangat tinggi. Data di Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2023 lalu, pengangguran didominasi oleh lulusan tingkat lanjutan atas sekitar 7,6 persen, lulusan sarjana mencapai 7,55 persen, lulusan SMP sekitar 6,25 persen dan lulusan SD sebanyak sekitar 1,12 persen.

Menurut Suyono, salah satu langkah yang dapat dilakukan pemerintah dalam rangka mengurangi angka pengangguran adalah dengan menarik investor sebanyak-banyaknya. Semakin banyak investor yang masuk di daerah, maka akan semakin banyak tenaga kerja yang bisa ditampung dalam perusahaan.

Selain itu, lanjut Suyono, Pemkab juga mendorong Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pati untuk lebih sering membuka event job fair. Event job fair ini sangat membantu masyarakat dalam mencarikan solusi terkait dengan peluang usaha atau pekerjaan yang bisa dimanfaatkan oleh mesyarakat yang membutuhkan pekerjaan. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *