Ali Badrudin Ketua DPRD Kab. Pati

Perbaikan Jalan Rusak, Ketua DPRD Pati Sebut, Betonisasi Lebih Tahan Lama

JurnalSatu.id – PATI,Ketua DPRD Pati Ali Badrudin mengatakan, untuk mengatasi sejumlah jalan di Kabupaten Pati yang mengalami kerusakan, dirinya mendorong Pemkab agar perbaikan jalan dilakukan dengan pola rabat beton. Ali menyebut, dengan pembetonan, jalan akan lebih lama atau lebih awet jika dibandingkan dengan aspal.

“Jalan beton akan lebih awet jika dibandingkan dengan aspal. Oleh karena itu, kami mendorong Pemkab, dalam hal ini adalah pihak DPUTR untuk melakukan perbaikan jalan dengan menggunakan pola betonisasi,” ujar Ali Badrudin.

Di sejumlah daerah, lanjut Ali, jalan raya sudah banyak yang menggunakan betonisasi. Dan itu, lanjut Ali, kondisinya lebih awet dan tidak mudah mengelupas. Dari sisi ketahanan, efisiensi, hingga dampak lingkungan, jalan beton akan lebih tepat sebagai upaya membangun infrastruktur yang berkelanjutan dan efektif.

Kader Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini menambahkan, jalan beton, atau sering dikenal sebagai rigid pavement, adalah suatu sistem perkerasan yang menggunakan struktur kaku yang terdiri dari lapisan pondasi dan lapisan pondasi bawah. “Sehingga, jalan beton memiliki keunggulan utama pada modulus elastisitas yang tinggi, yang memungkinkan perkerasan ini untuk menyalurkan beban secara efektif ke bidang tanah dasar yang luas,” jelasnya.

Ali juga mengakui, bahwa perbaikan menggunakan metode rabat beton akan lebih mahal jika dibandingkan dengan jalan aspal. Namun, struktur jalan beton yang kuat ini menjadi pilihan yang ideal untuk berbagai jenis jalan, terutama di area dengan lalu lintas yang padat dan beban berat.

“Selain lebih kuat, jalan betonmemiliki daya tahan yang lama terhadap cuaca, suhu ekstrem, dan kerusakan akibat pemakaian berulang. Ini menjadi investasi jangka panjang yang ekonomis karena meminimalkan biaya perawatan dan perbaikan jangka pendek,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *