Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Pati Suyono

DPRD Suyono Dorong Pemkab Lebih Efisien dalam Pengelolaan APBD

JurnalSatu.id – PATI, – Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Pati Suyono menilai, penggunaan Anggaran Pendapatan dan Pengeluaran Daerah (APBD) selama ini lebih berfokus pada belanja pegawai. Ia berharap, Pemkab harus lebih bijak dalam mengelola APBD yang didapat setiap tahunnya. Salah satunya adalah dengan mengurangi belanja pegawai yang dianggap tidak terlalu penting.

Menurutnya, anggaran lebih baik dibelanjakan yang ada manfaatnya bagi kesejahteraan masyarakat Pati. Bukannya malah digunakan untuk hal-hal yang sekiranya untuk kepentingan para Aparatur Sipil Negara (ASN)  seperti perjalanan dinas atau rapat-rapat yang kurang penting.

Suyono menambahkan, sesuai dengan prinsip Good Governance terutama prinsip peduli stakeholder, peduli masyarakat, equity, dan accountability sudah sepantasnya Pemkab meningkatkan belanja pegawai tidak langsung. “Harapan kami, agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) secara bijak untuk pembangunan Pati yang lebih baik,” ujarnya.

Politisi dari dapil V Kecamatan Kayen ini menjelaskan, belanja yang tidak ada hubunganya dengan pegawai lebih dikedepankan. “Pemkab sudah seharusnya lebih mengedepankan belanja non pegawai, seperti hibah masjid atau tempat ibadah dan Bantuan Sosial atau Bansos,” sambungnya.

Menurutnya, kedua jenis belanja ini masih sangat sedikit jika dibandingkan dengan belanja pegawai yang tidak ada manfaatnya bagi rakyat. “Harusnya ditingkatkan bantuan ke masyarakat untuk meningkatkan pendaoatan ekonomi masyarakat,” harapnya.

Apa yang disampaikan ini sebagai wujud keprihatinannya terhadap masih banyaknya angka kemiskinan yang ada di Pati, meskipun berbagai program telah diluncurkan. Dia juga berharap, dengan adanya efisiensi belanja terutama mengurangi belanja pegawai, dapat menciptakan kondisi anggaran daerah yang sehat, demi pengembangan daerah. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *