Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Sukarno

Toko Ritel Modern Didorong DPRD Pati Sukarno Jajakan Produk UMKM Lokal

JurnalSatu.id – PATI, – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Sukarno, mendorong kemajuan produk Usaha Mikro Kecil Menangah (UMKM) untuk dipasarkan ke toko-toko ritel dan swalayan modern. Dirinya selaku dewan dari komisi B berpendapat, strategi ini adalah langkah jitu sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap produk UMKM Pati.

Terlebih, saat ini menurutnya peralihan dari toko tradisional ke toko ritel modern sudah tertanam di masyarakat Pati. Alhasil, jika hanya dipasarkan secara tradisional, produk UMKM yang ada di Pati akan sulit berkembang. “Pada saat rapat dengan Disdagperin (Dinas Perdagangan dan Perindustrian), sudah di sepakati supaya produk UMKM supaya bisa masuk di minimarket maupun toko Swalayan,” tuturnya belum lama ini.

Meski beberapa produk khususnya makanan ringan sudah masuk di toko-toko modern seperti alfamart dan indomart. Politisi dari partai Golongan Karya (Golkar) ini berharap produk-produk lain dapat segera menyusul.

Hanya saja, Sukarno menilai salah satu yang menjadi persoalan adalah dalam hal pembayaran yang dianggap masih kuno dengan sistem titip barang, kalau laku dibayarkan.

Padahal, Karno menilai yang namanya pelaku UMKM membutuhkan dana yang cepat untuk perputaran bisnisnya. Sehingga sistem semacam ini harus dihapuskan untuk mendukung program ini. “Di minimarket Indomaret maupun Alfamaret sudah ada, memang masih sebatas makanan ringan.Kendalanya itu sistem pembayaran tempo, karena aturan manajemen minimarket seperti itu.Pada hal cashflow keuangan UMKM harus segera cair,” tandasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *