Ali Mundir, Anggota DPRD Pati

Cuaca Ekstrem, Dewan Pati Minta Pemkab Perhatikan Kondisi Pohon Pinggir Jalan

JurnalSatu.id – PATI, – Beberapa hari terakhir, cuaca tak menentu. Hujan disertai angin kencang melanda hampir menyeluruh di kawasan Pati. Banyaknya pepohonan besar dan rimbun di sepanjang jalan besar di Pati, menimbulkan kekhawatiran masyarakat. Karena, dalam kondisi cuaca ekstrem seperti ini, pohon besar dan rindang tersebut bisa membahayakan masyarakat, terutama para pengguna jalan yang melintas.

Kondisi alam di belahan Bumi Mina Tani ini benar-benar akstrem. Oleh karena itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Ali Mundir mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati untuk memperhatikan kondisi pohon-pohon di tepi jalan, dengan mengintensifkan pemangkasan pohon-pohon perindang yang rimbun, meskipun hanya sebatas mengurangi dahan dan daun. Hal ini untuk menjaga keamanan dan kenyamanan sebagai antisipasi potensi kerawanan pohon tumbang atau patah dahan di saat hujan deras.

Ali Mundir juga mengatakan, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat, perambasan pohon-pohon tersebut bisa dilakukan secara rutin, diluar kondisi mendesak yang saat ini terjadi. “Ini agar bisa rutin dilakukan. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Bahkan sebaiknya, perambasan pohon-pohon itu dilakukan secara intensif sebelum musim hujan. Pohon-pohon yang besar dan rimbun dikurangi,” ujarnya.

Dia menyatakan pengurangan pohon-pohon rimbun terutama pada pohon perindang di jalan-jalan protokol dalam kota Pati. Pemangkasan pohon untuk mengurangi kerimbunan sekaligus sebagai antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.

Lebih lanjut, Ali Mundir berharap, pada musim hujan ini, cuaca bisa bersahabat dan tidak mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan. “Kita semua berharap, masyarakat Kabupaten Pati tetap dalam kondisi aman dan nyaman, tidak terjadi bencana. Untuk wilayah yang saat ini dilanda banjir, semoga banjir cepat surut,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *