Ketua DPRD Kabupaten Pati, Ali Badrudin

Ketua DPRD Pati Berharap DD Mampu Wujudkan Kesejahteraan Warga

JurnalSatu.id PATI, Memasuki Tahun Anggaran 2024, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Ali Badrudin, SE berharap, adanya Dana Desa (DD) dapat dikelola dan dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan Juklak dan Juknis yang ada.

“Saat ini, kan sudah memasuki tahun anggaran 2024, kami berharap, Pemerintah Desa dapat mengelola anggaran yang ada secara baik dan benar, sesuai dengan Juklak dan Juknis yang ada,” ujarnya kepada JurnalSatu.id, tadi pagi.

Ali mengatakan, khusus untuk DD merupakan dana tranfer dari APBN yang diperuntukkan bagi setiap desa melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten/kota. “Jumlahnya sangat besar, sehingga harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” lanjut Ali.

Anggaran hibah ini, lanjut Ali, digunakan untuk membiayai banyak item sesuai dengan petunjuk, misalnya untuk penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat, serta program-program lain.

“Jika ini diselenggarakan dengan baik, maka masyarakat akan lebih sejahtera. Karena, Dana Desa atau DD digelontorkan ini tidak hanya karena untuk mendukung bergulirnya otonomi desa semata. Akan tetapi, juga diperuntukkan mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Ali Badrudin meminta kepada kepala desa selaku pengguna anggaran untuk bersikap arif dalam menggunakan anggaran-anggaran yang masuk ke desa. Jangan sampai, lanjut Ali, ada kesalahan sehingga dapat merugikan diri sendiri.

“Saya berulang kali mewanti-wanti kepada teman-teman kepala desa untuk menggunakan anggaran yang masuk ke desa dengan sebaik-baiknya. Patuhi aturan yang ada, dan konsultasikan kepada pendamping atau pihak kecamatan secara periodik sehingga tidak ada kesalahan sekecil apapun,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *