Anggota DPRD Kab. Pati Ir. H. Sukarno

Langganan Banjir, DPRD Sukarno Ajak Galakkan Reboisasi di Lereng Kendeng dan Patiayam

JurnalSatu.id – PATI, – Sejak tahun 2024, hampir setia tahun, Kabupaten Pati dilanda banjir. Terkiat hal tersebut, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Ir. H. Sukarno mengajak untuk menggalakkan kegiatan reboisasi di lereng Kendeng dan Patiayam. “Untuk mengantisipasi terjadinya banjir yang setiap tahun melanda sebagian wilayah di Kabupaten Pati, perlu dilakukan gerakan penanaman pohon atau reboisasi di lereng Kendeng dan Patiayam,” ujar Sukarno.

Menurutnya, banjir yang sering melanda sejumlah daerah salah satunya disebabkan oleh deforestasi hutan atau pembalakan liar yang terjadi di wilayah Pegunungan Kendeng dan Pegunungan Patiayam. “Oleh karena itu, kami mengajak kepada pemerintah dan juga masyarakat untuk bersama-sama menghijaukan kembali hutan yang gundul guna meminimalisir kemungkinan terjadinya bencana, seperti banjir dan tanah longsor,” imbuh Sukarno.

Sampai saat ini, di lereng Kendeng mayoritas hanya ada tanaman palawija, dan tidak ditemukan tanaman pohoj keras yang bermanfaat untuk menyerap air hujan. “Sejauh ini di lereng Kendeng tanaman-tanaman besar sudah berganti ke jenis tanaman semusim. Sehingga tingkat penyerapan air tidak bisa maksimal, dan air hujan langsung mengalir ke bawah tanpa ada penghalang,” jelasnya.

Kader Partai Golongan Karya (Golkar) ini mendorong Pemerintah Daerah Kabupaten Pati bersama OPD terkait untuk secara bersama-sama melakukan gerakan penanaman pohon di lereng Kendeng dengan tanaman pohon keras. “Gerakan reboisasi dengan tanaman pohon keras ini diharapkan dapat mencegah terjadinya bencana alam untuk jangka panjang. Ini ada PR kita bersama, yang harus ditanggulangi secara bersama-sama,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *