Bambang Susilo Ketua Komisi A DPRD Pati

Ketua Komisi A DPRD Pati Sebut Sinergitas Antar Lembaga Dukung Terwujudnya Desa Mandiri

JurnalSatu.id – PATI, – Sinergitas antar lembaga yang ada di desa akan dapat mendukung keberhasilan perencanaan program pembangunan di tingkat desa sekaligus mendukung terwujudnya desa mandiri. Hal itu disampaikan oleh Ir. Bambang Susilo, selaku Ketua Komis A DPRD Kabupaten Pati. Dirinya mendorong kepala desa untuk dapat membangun sinergitas antar lembaga dan komponen masyarakat yang ada di desa.

Menurut Bambang, Desa Mandiri adalah desa yang bisa memenuhi kebutuhan akan sarana prasarana dasar dan bisa mensejahterakan masyarakatnya. Untuk mewujudkan desa mandiri itu, pemerintah telah memberikan kesempatan bagi desa untuk menjalankan dan mengatur pembangunannya sendiri. “Salah satunya adalah dengan melibatkan semua lembaga dan komponen masyarakat desa lainnya,” tegas Bambang.

Selain itu, lanjut Bambang, pemerintah desa harus dapat mengoptimalkan penggunaan dana desa (DD) demi untuk mendorong desa menjadi lebih maju seperti menyediakan fasilitas pelayanan publik yang lebih baik, sekaligus dapat menyediakan lapangan pekerjaan bagi warganya.

“Ketersediaan lapangan kerja di desa inilah yang akan mengurangi pengangguran dan kemiskinan, minimal di desa yang bersangkutan. Makin mandiri suatu desa maka akan makin menjadi pionir dalam perannya pengentasan kemiskinan, sekaligus mendukung terwujudnya desa mandiri,” sambunya.

Kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengimbau pemerintah desa agar program pembangunan desa direncanakan oleh pemerintah desa bersama sama dengan Badan Permusyawaratan desa atau BPD dan lembaga desa lainnya serta masyarakat desa.

“Program-program ini harus tercetus lewat musyawarah agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa baik itu peningkatan kualitas pelayanan dasar sarana dan prasarana dasar ekonomi desa dan pemberdayaan masyarakat desa,” pungkas Bambang. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *