Hj. Endah Wahyuningati Komisi D DPRD Pati

Anggota DPRD Pati Imbau Pengelolaan Wisata Dilakukan Secara Mandiri

JurnalSatu.id – PATI, – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Hj. Endah Wahyuningati menghimbau pengelolaan objek wisata yang ada di Bumi Mina Tani tidak terlalu bergantung pada Pemerintah Daerah (Pemda). Pihak pengelola dapat secara mandiri menciptakan berbagai inovasi. Pengelolaan wisata secara mandiri ditujukan agar Lembaga Legislatif dan Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Pati dapat lebih mudah mengucurkan anggaran untuk pengembangan objek wisata.

Dalam mengusulkan anggaran pengembangan objek wisata, DPRD selaku pihak yang mengusulkan membutuhkan bukti entah itu berupa fasilitas maupun kegiatan yang dapat menambah daya tarik pengunjung wisata. “Jadi harapannya memang ada kemandirian, otomatis ketika ada kemandirian dan ini terapkan sampai di dinas akan ada perhatian dan nanti disitulah kita akan melihat bahwa ini ada kemandirian yang harus kita back up lebih,” ujar anggota dewan yang duduk di Komisi D pada Kamis (18/4) kemarin.

Pengelolaan objek wisata secara mandiri, lanjut Mbak NIng, dapat dilakukan dengan cara menggandeng pihak swasta. Mereka dapat meminta bantuan pihak swasta yang terkait untk mempromosikan objek wisata di event-event tertentu. Sehingga, ketika pengelolaan objek wisata sudah berhasil dapat menarik lebih banyak lagi pihak lain dalam mengembangkan objek wisata.

“Missal penjual indomie, di mengeluarkan produk indomie rasa gandul misalnya. Dia akan taruh itu di suatu event. Mana yang sepi itu dia akan promokan. Ya bagaimana kita bikin proposal pengaduan supaya itu menjadi ketertarikan pihak ketiga,” paparnya.

Ia menyebut, pengelolaan objek wisata secara mandiri sangat mudah dilakukan mengingat potensi objek wisata yang dimiliki Kabupaten Pati mudah untuk dilakukan inovasi. “Bidangnya pariwisata. Sampaiakan saja, karena menurut saya masih banyak hal-hal yang bisa dikresikan dikerjasamakan,” tandasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *