H. Ali Badrudin, SE Ketua DPRD Kabupaten Pati

Ketua DPRD Pati Tekankan Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Generasi Muda

JurnalSatu.id – PATI, – Salah satu hal yang paling penting dari keberhasilan suatu bangsa ternyata dapat dilihat dari bagaimana kualitas pendidikannya. Hal tersebut juga telah dibuktikan bahwa bangsa-bangsa yang telah menikmati kesejahteraan dan kemakmuran bagi rakyatnya adalah bangsa yang memulai pembangunannya melalui pendidikan, meskipun mereka gak memiliki sumber daya alam yang cukup.

Berbicara mengenai pendidikan, maka yang menjadi isu paling penting adalah pendidikan karakter. Pendidikan karakter itu bertujuan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pendidikan yang mengarah pada pendidikan karakter dan akhlak mulia seseorang secara utuh, terpadu, dan seimbang, sesuai dengan standar kompetensi lulusan pada setiap satuan pendidikan.

Terkait dengan pendidikan karakter, Ketua DPRD Pati menekankan, bahwa pendidikan karakter bagi generasi muda sangat penting. Karena, lanjut Ali generasi muda merupakan salah satu kekuatan bagi suatu bangsa. “Generasi muda ini juga akan banyak berperan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di masa yang akan datang nantinya. Maka dari itu kualitas generasi muda menjadi peran penting dalam memajukan bangsa,” ujar Ali.

Menurut Ali, pendidikan karakter juga penting karena hal itu dijadikan sebagai landasan untuk mewujudkan visi pembangunan nasional, yaitu mewujudkan masyarakat berakhlak mulia, bermoral, beretika, berbudaya, dan beradab berdasarkan falsafah Pancasila.

Dengan betapa pentingnya pendidikan karakter bagi generasi muda, Ali mengaku sangat mendukung pemerintah yang telah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dengan mengembangkan grand design pendidikan karakter untuk setiap jalur, jenjang, dan jenis satuan pendidikan.

Upaya pemerintah dalam mewujudkan pendidikan yang diharapkan telah ditanamkan dan dirancang untuk menghasilkan generasi muda yang memiliki kecerdasan secara emosional, spiritual, dan intelektual. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *