Ir. Bambang Susilo Ketua Komisi A DPRD Pati

Ketua Komisi A DPRD Pati Dorong Kades Berdayakan BUMDes

JurnalSatu.id – PATI, – Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Pati Ir. Bambang Susilo mendorong kepala desa untuk memberdayakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Bambang menilai keberadaan BUMDes ini sangat berpotensi meningkatkan Pendapatan Asli Desa atau PADes. Selain itu, BUMDes juga berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat.

Menurutnya, pembangunan infastruktur desa sebenarnya bisa di tingkatkan dengan cara mengembangkan semua potensi perekenomian desa agar bisa menjadi wadah bersama masyarakat desa dalam membangun diri dan juga lingkungannya secara mandiri dan partisipatif. Termasuk diberdayakannya BUMDes di masing-masing desa.

Bambang menjelaskan, BUMDes ini memiliki kelebihan jika dikelola dengan baik dan benar sesuai dengan aturan dan petunjuk yang sudah disiapkan. “Menurut saya, BUMDes ini menjadi lembaga atau badan usaha milik desa yang bisa dikembangkan demi mendongkrak perekonomian masyarakat, sekaligus meningkatkan pendapatan asli desa,” ujar Bambang.

Apalagi, lanjut Bambang, keberadaan BUMDes ini juga dialokasikan anggaran dari Dana Desa (DD). “Kalau dari segi aturan, kan boleh dianggarkan dari dana desa untuk mensupport permodalam BUMDes,” sambung Bambang.

Lebih lanjut, Kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini berharap, kepala desa dapat memaksimalkan pemberdayaan badan usaha yang ada di tingkat desa tersebut. “Yang terpenting, perputaran keuangan sebagai modal yang dimiliki BUMDes dapat dikelola dengan baik dan mendapatkan profit yang baik demi perkembangan dan kemajuan BUMDes tersebut,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *