Hj. Muntamah sebagai Anggota DPRD Kabupaten Pati Fraksi PKB

Respons Perubahan, Hj. Muntamah Dorong GTK Madrasah Kembangkan Pembalajaran Kontekstual

JurnalSatu.id – PATI, – Dunia pendidikan mengalami perubahan yang sangat cepat. Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah harus mampu merespons dengan mengembangkan pembelajaran kontekstual yang lebih efektif. Hal ini disampaikan Hj. Muntamah, MM, M.Pd selaku Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Pati.

Menurut Muntamah, untuk mendukung peningkatan dan perkembangan dunia pendidikan, seluruh stakeholders madrasah harus melakukan langkah penting dan strategis agar proses pendidikan tetap relevan, mendalam, dan komprehensif dalam membekali anak didik.

“Dinamika ini harus direspons serius oleh para guru dan kepala madrasah sehingga dapat membekali anak didik dengan baik dan tepat,” tegasnya.

Aktivis dan politisi dari Pati utara ini juga menyinggung soal penerapan kurikulum merdeka yang menjadi kurikulum nasional. Menurutnya, kebijakan Kemendikbud terkait kurikulum merdeka, merdeka belajar, dan merdeka mengajar harus ditanggapi secara positif oleh guru dan kepala madrasah.

Kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menambahkan, jika dilihat secara seksama, urgensi kurikulum merdeka (merdeka mengajar dan merdeka belajar) dilatarbelakangi adanya krisis pembelajaran bangsa ini yang perlu pemulihan secara serius. Setidaknya ada tiga poin pokok kenapa kurikulum merdeka penting. Pertama, penyampaian materi pembelajaran bersifat esensial, sehingga insight anak didik bisa lebih mendalam. Kedua, mengembangkan soft skill dan karakter anak didik melalui profil pelajar Pancasila.

“Ketiga, pembelajaran dilaksanakan secara lebih fleksibel, baik untuk anak didik maupun guru dengan tetap menjaga kualitas capaian pembelajaran,” beber Muntamah. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *