Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Pati Ir. Bambang Susilo

Ketua Komisi A DPRD Pati Beberkan Manfaat Pengembangan Program Smart Village

JurnalSatu.id – PATI, – Saat ini Kementerian Desa PDTT mulai mengembangkan Smart Village atau desa cerdas untuk menuju desa mandiri. Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Pati Ir. Bambang Susilo mengaku mendukung atas program yang digagas olek Kementerian Desa tersebut.

Bambang pun menjelaskan beberapa manfaat Smart Village atau desa cerdas. “Ada beberapa manfaat yang akan didapatkan jika desa mampu memanfaatkan teknologi untuk menunjang program smart village. Pertama, masyarakat akan memeroleh pendampingan dalam mengidentifikasi solusi inovatif untuk mengembangkan layanan publik dan ekonomi local,” ujarnya.

Untuk manfaat selanjutnya, dengan mengembangkan program ini, maka desa bisa membuka peluang bagi masyarakat untuk berkolaborasi langsung dengan berbagai pihak. Selain itu akan memungkinkan terciptanya kesetaraan akses antara masyarakat di wilayah kota dan desa. “Dengan smart village maka akan terdapat banyak kegiatan dalam program pelatihan kader-kader digital di level desa, pembangunan jaringan desa cerdas Indonesia, dan pengembangan ruang komunitas digital,” sambungnya.

Aktivis dan Kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengaku selalu mendorong agar desa-desa di Kabupaten Pati dapat lebih maju dan berkembang seiring dengan perkembangan teknologi yang ada. Hal itu, lanjut Bambang, akan berdampak pada peningkatan kinerja di pemerintahan desa di dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta program pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat.

Politisi dari Pati selatan ini juga mendorong pemerintahan desa untuk dapat berinovasi dengan memanfaatkan kecanggihan dan perkembangan IT yang saat ini sedang maju pesat. “Kecanggihan teknologi di era digitalisasi ini dapat dimanfaatkan pemerintah desa untuk mendukung kinerja di tata pemerintahan tingkat desa,” tutupnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *