Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Pati Ir. Bambang Susilo

Ketua Komisi A DPRD Pati Dorong Pemdes Wujudkan Desa Inovatif

JurnalSatu.id – PATI, Pemerintah melalui KemenDesa PDTT telah menggagas Program Inovasi Desa (PID) yang dapat diartikan sebagai salah satu upaya pemerintahan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Program ini dilakukan melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa yang terfokus dalam 3 sasaran program diantaranya pengembangan wirausaha, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), serta pengadaan infrastruktur desa.

Terkait dengan hal tersebut, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Pati Ir. Bambang Susilo mendorong desa-desa di Pati untuk bisa mewujudkan desa inovatif. Bambang mengatakan, tujuan utama program ini adalah untuk mendorong pembangunan desa yang lebih berkualitas, efektif dan efisien melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang lebih inovatif.

“Selain itu, dengan terwujudnya desa inovatif, maka desa akan lebih peka terhadap kebutuhan masyarakat desa sehingga, upaya ini dapat mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi masyarakat pedesaan secara berkelanjutan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan sosial-ekonomi masyarakat dan kemandirian desa,” terangnya.

Menurut Bambang Susilo, terujudnya desa inovatif tak bisa lepas dengan penggunaan dan pemanfaatan teknologi dalam menunjang pelaksanaan pembangunan desa yang saat ini sudah tidak dapat dihindari. “Oleh karena itu, kami mendorong kepala desa beserta para perangkat desanya untuk dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan sebaik-baiknya. Dengan begitu, maka desa akan lebih mudah untuk berinovasi di dalam segala hal, termasuk di dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *